www.ujiansma.com |
Pada tahun 2017 ini,
Universitas Pertahanan (UNHAN) / Indonesia
Defense University (IDU) baru saja berumur 8 tahun sejak didirikan pada
tahun 2009 lalu. Meskipun usianya belum terlalu lama, tetapi antusias dan minat
masyarakat terlihat begitu tinggi untuk dapat menuntut ilmu di UNHAN. Hal ini dibuktikan
dengan banjirnya berkas lamaran pendaftaran beasiswa S2 UNHAN yang pelamarnya semakin
meningkat setiap tahunnya.
Bila kalian belum
mengetahui tentang beasiswa S2 UNHAN, ada baiknya bila kalian membaca terlebih
dahulu tentang informasi tentang "Beasiswa S2 Universitas Pertahanan (UNHAN) / Indonesia Defense University (IDU),”
yang telah saya tuliskan pada artikel sebelumnya. Dan untuk melengkapi artikel tersebut, pada
kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang "Syarat Beasiswa S2 Universitas Pertahanan (UNHAN)."
Kiranya artikel lanjutan ini dapat membantu teman – teman yang ingin mendaftar
beasiswa S2 UNHAN dan dapat mempersiapkan diri untuk proses seleksinya.
Hal – hal yang akan saya informasikan
antara lain mengenai :
- .Syarat administrasi beasiswa Universitas Pertahanan (UNHAN)/ Indonesia Defense University (IDU).
- Proses Seleksi Beasiswa S2 Universitas Pertahanan (UNHAN) / Indonesia Defense University (IDU).
A. SYARAT ADMINISTRASI PENDAFTARAN BEASISWA UNHAN
Syarat administrasi ini
adalah hal yang paling dasar dan harus dipenuhi untuk dapat masuk ke proses
seleksi beasiswa UNHAN. Sebelum mendaftar Beasiswa S2 Universitas Pertahanan (UNHAN), teman
– teman sebaiknya harus mengetahui jadwal
pembukaan pendafataran mahasiswa baru UNHAN.
Dalam setiap tahun ajaran baru, UNHAN membuka 3 gelombang pendaftaran mahasiswa baru. Gelombang Pertama dibuka pada Desember – Januari , Gelombang kedua dibuka pada Maret - April, lalu gelombang 3 dibuka pada bulan Juni. Untuk gelombang 3, belum tentu dibuka, karena gelombang 3 hanya dibuka bila masih ada kuota yang tersisa. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kapan jadwal resmi pendaftaran mahasiwa baru dapat di cek di website resmi UNHAN yaitu www.idu.co.id
Dalam setiap tahun ajaran baru, UNHAN membuka 3 gelombang pendaftaran mahasiswa baru. Gelombang Pertama dibuka pada Desember – Januari , Gelombang kedua dibuka pada Maret - April, lalu gelombang 3 dibuka pada bulan Juni. Untuk gelombang 3, belum tentu dibuka, karena gelombang 3 hanya dibuka bila masih ada kuota yang tersisa. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kapan jadwal resmi pendaftaran mahasiwa baru dapat di cek di website resmi UNHAN yaitu www.idu.co.id
Mengenai syarat administrasi,
calon mahasiswa baru UNHAN melakukan registrasi secara online dan pengiriman
berkas (hard copy) secara langsung ke
UNHAN. Tahapannya antara lain :
- Pendaftaran Online Pendaftaran calon mahasiswa S2 UNHAN dilakukan melalui laman resmi UNHAN yaitu di www.idu.co.id. Di tahap ini, kita diminta untuk membuat akun, mengisi informasi yang diminta pada formulir yang tersedia, mengunggah foto dan menuliskan mengenai alasan memilih UNHAN. Setelah semua informasi yang diminta diisi, nanti dapat di download / diunduh untuk kemudian dapat dicetak dan dikirimkan ke Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UNHAN beserta dokumen administrasi lainnya.
- Pengiriman Berkas Administrasi (hardcopy)Setelah melakukan registrasi online dan memilih jurusan yang diminati, peserta DIWAJIBKAN untuk mengirimkan berkas hardcopy persyaratan administrasi calon penerima beasiswa S2 UNHAN. Adapun berkas – berkas yang harus disiapkan antara lain:
- Formulir registrasi online calon mahasiswa yang telah diprint
- Surat rekomendasi dari dosen atau dekan. Atau surat rekomendasi dari atasan (bagi yang bekerja)
- Surat keterangan kerja (minimal ada pengalaman 2 tahun bagi yang pernah bekerja)
- Fotokopi Ijazah S1 dan Transkip nilai S1 yang telah dilegalisir (karena ini Beasiswa S2, pastikan sudah lulus S1 dulu ya :D)
- Fotokopi Sertifikasi Akreditasi BAN-PT (bisa diunduh dan dicek di website BAN-PT)
- Fotokopi KTP
- Fotokopi NPWP
- Fotokopi Akte Kelahiran yang telah dilegalisir pejabat setempat (biasanya untuk legalisir dilakukan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil / DUKCAPIL).
- Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
- Daftar Riwayat Hidup (Circulum Vitae)
- Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) – Fotokopi dan asli
- Surat keterangan sehat jasmani dan rohani, tidak bertato dan bebas narkoba dari rumah sakit / instansi pemerintah) – asli dan fotokopi.
- Paper / tulisan dalam bahasa Inggris mengenai persepsi jurusan yang dipilih
- Pas foto terakhir 4×6 – berwarna sebanyak 4 lembar dengan background putih, menggunakan baju putih berkerah dan menggunakan jas hitam.
Semua berkas difotokopi masing – masing 4 lembar.
Kemudian Semua berkas persyaratan administrasi di scan dan dimasukan (burning)
ke dalam CD untuk keperluan administrasi kemahasiswaan. Berkas yang telah
difotokopi masing – masing 4 rangkap itu, kemudian dimaskukkan kedalam sebuah map
(map warna merah untuk prodi security dan defense , sedangkan
map biru untuk prodi manajemen
pertahanan).
Bagi pelamar beasiswa yang berada diluar
Jabodetabek, 4 map berisi berkas administrasi dan1 buah CD yang berisi berkas softcopy persyaratan administrasi tadi WAJIB dan HARUS dikirm ke Panitia
Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Pertahanan (UNHAN) d/a Kampus Universitas
Pertahanan (UNHAN), Kawasan IPC, Sentul, Bogor, Jabar, Kode Pos 16810. Sedangkan
bagi pelamar beasiswa yang berada di Jabodetabek dapat langsung datang
mengantarkan berkas hardcopy persyaratan administrasi.
NB : Calon peserta yang gagal dalam tahap administrasi ini biasanya adalah mahasiswa freshgraduate. Perlu diingat bahwa UNHAN mensyaratkan calon mahasiswa S2-nya paling sedikit memiliki pengalaman kerja selama 2 tahun untuk pelamar dari kalangan umum.
ARTIKEL TERKAIT :
habis lulus dari unhan itu bisa daftar militer kak?
ReplyDelete