Skip to main content

SYARAT BEASISWA S2 UNIVERSITAS PERTAHANAN (UNHAN)

www.ujiansma.com


Pada tahun 2017 ini, Universitas Pertahanan (UNHAN) / Indonesia Defense University (IDU) baru saja berumur 8 tahun sejak didirikan pada tahun 2009 lalu. Meskipun usianya belum terlalu lama, tetapi antusias dan minat masyarakat terlihat begitu tinggi untuk dapat menuntut ilmu di UNHAN. Hal ini dibuktikan dengan banjirnya berkas lamaran pendaftaran beasiswa S2 UNHAN yang pelamarnya semakin meningkat setiap tahunnya. 
Bila kalian belum mengetahui tentang beasiswa S2 UNHAN, ada baiknya bila kalian membaca terlebih dahulu tentang informasi tentang "Beasiswa S2 Universitas Pertahanan (UNHAN) / Indonesia Defense University (IDU),” yang telah saya tuliskan pada artikel sebelumnya. Dan untuk melengkapi artikel tersebut, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang "Syarat Beasiswa S2 Universitas Pertahanan (UNHAN)." Kiranya artikel lanjutan ini dapat membantu teman – teman yang ingin mendaftar beasiswa S2 UNHAN dan dapat mempersiapkan diri untuk proses seleksinya.
Hal – hal yang akan saya informasikan antara lain mengenai :
  1.     .Syarat administrasi beasiswa Universitas Pertahanan (UNHAN)/ Indonesia Defense University (IDU).
  2.       Proses Seleksi Beasiswa S2 Universitas Pertahanan (UNHAN) / Indonesia Defense University (IDU).

A. SYARAT ADMINISTRASI PENDAFTARAN BEASISWA UNHAN
Syarat administrasi ini adalah hal yang paling dasar dan harus dipenuhi untuk dapat masuk ke proses seleksi beasiswa UNHAN. Sebelum mendaftar Beasiswa S2 Universitas Pertahanan (UNHAN), teman – teman sebaiknya harus mengetahui jadwal pembukaan pendafataran mahasiswa baru UNHAN

Dalam setiap tahun ajaran baru, UNHAN membuka 3 gelombang pendaftaran mahasiswa baru. Gelombang Pertama dibuka pada Desember – Januari , Gelombang kedua dibuka pada Maret - April, lalu gelombang 3 dibuka pada bulan Juni. Untuk gelombang 3, belum tentu dibuka, karena gelombang 3 hanya dibuka bila masih ada kuota yang tersisa. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kapan jadwal resmi pendaftaran mahasiwa baru dapat di cek di website resmi UNHAN yaitu www.idu.co.id
Mengenai syarat administrasi, calon mahasiswa baru UNHAN melakukan registrasi secara online dan pengiriman berkas (hard copy) secara langsung ke UNHAN. Tahapannya antara lain :
  1. Pendaftaran Online Pendaftaran calon mahasiswa S2 UNHAN dilakukan melalui laman resmi UNHAN yaitu di www.idu.co.id. Di tahap ini, kita diminta untuk membuat akun, mengisi informasi yang diminta pada formulir yang tersedia, mengunggah foto dan menuliskan mengenai alasan memilih UNHAN. Setelah semua informasi yang diminta diisi, nanti dapat di download / diunduh untuk kemudian dapat dicetak dan dikirimkan ke Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UNHAN beserta dokumen administrasi lainnya. 
  2.   Pengiriman Berkas Administrasi (hardcopy)Setelah melakukan registrasi online dan memilih jurusan yang diminati, peserta DIWAJIBKAN untuk mengirimkan berkas hardcopy persyaratan administrasi calon penerima beasiswa S2 UNHAN. Adapun berkas – berkas yang harus disiapkan antara lain:
  •      Formulir registrasi online calon mahasiswa yang telah diprint
  •    Surat rekomendasi dari dosen  atau dekan. Atau surat rekomendasi dari atasan (bagi yang bekerja) 
  •     Surat keterangan kerja (minimal ada pengalaman 2 tahun bagi yang pernah bekerja)  
  •     Fotokopi Ijazah S1 dan Transkip nilai S1 yang telah dilegalisir (karena ini Beasiswa S2, pastikan sudah lulus S1 dulu ya :D) 
  •     Fotokopi Sertifikasi Akreditasi BAN-PT (bisa diunduh dan dicek di website BAN-PT) 
  •      Fotokopi KTP 
  •      Fotokopi NPWP 
  •     Fotokopi Akte Kelahiran yang telah dilegalisir pejabat setempat (biasanya untuk legalisir dilakukan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil / DUKCAPIL). 
  •      Fotokopi Kartu Keluarga (KK) 
  •      Daftar Riwayat Hidup (Circulum Vitae) 
  •      Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) – Fotokopi dan asli 
  •     Surat keterangan sehat jasmani dan rohani, tidak bertato dan bebas narkoba dari rumah sakit / instansi pemerintah) – asli dan fotokopi. 
  •      Paper / tulisan dalam bahasa Inggris mengenai persepsi jurusan yang dipilih 
  •     Pas foto terakhir 4×6 – berwarna sebanyak 4 lembar dengan background putih, menggunakan baju putih berkerah dan menggunakan jas hitam.

Semua berkas difotokopi masing – masing 4 lembar. Kemudian Semua berkas persyaratan administrasi di scan dan dimasukan (burning) ke dalam CD untuk keperluan administrasi kemahasiswaan. Berkas yang telah difotokopi masing – masing 4 rangkap itu, kemudian dimaskukkan kedalam sebuah map (map warna merah untuk prodi security dan defense , sedangkan map biru untuk prodi manajemen pertahanan).
Bagi pelamar beasiswa yang berada diluar Jabodetabek, 4 map berisi berkas administrasi dan1 buah CD yang berisi berkas softcopy persyaratan administrasi tadi WAJIB dan HARUS dikirm ke Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Pertahanan (UNHAN) d/a Kampus Universitas Pertahanan (UNHAN), Kawasan IPC, Sentul, Bogor, Jabar, Kode Pos 16810. Sedangkan bagi pelamar beasiswa yang berada di Jabodetabek dapat langsung datang mengantarkan berkas hardcopy persyaratan administrasi.

NB : Calon peserta yang gagal dalam tahap administrasi ini biasanya adalah mahasiswa freshgraduate. Perlu diingat bahwa UNHAN mensyaratkan calon mahasiswa S2-nya paling sedikit memiliki pengalaman kerja selama 2 tahun untuk pelamar dari kalangan umum. 


 ARTIKEL TERKAIT :

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

KERUGIAN MENULIS ARTIKEL DI HIPWEE

www.hipwee.com Kalian pernah membaca artikel di   Hipwee ? Atau kalian mungkin merupakan penulis artikel di Hipwee ? Atau mungkin ada yang belum mengetahui apa itu Hipwee ?? Daripada bingung, yuk kita bahas aja langsung dibawah ini 😃   A. Apa itu Hipwee ? Saya yakin sebagian dari kita khususnya anak muda mengetahui website Hipwee. Hipwee adalah suatu website yang menjadi wadah atau media bagi seseorang untuk berbagi cerita mengenai pengalaman, pendapat, dan argumen yang disampaikan melalui tulisan dan kemudian dipublikasikan. Untuk saat ini, Hipwee memang cukup populer khususnya di kalangan anak muda. Konten artikelnya yang dipublikasikan hampir sebagian besar tentang percintaan dan pengalaman pribadi itu dengan cepat digandrungi dan di- share oleh para pembacanya. Saya pribadi pernah membaca dan meng- share beberapa artikel dari Hipwee. Bahkan pada awal saya membaca artikel di Hipwee, saya sempat “wow” ketika melihat suatu artikel yang di view dan di- share

SELEKSI BEASISWA UNIVERSITAS PERTAHANAN (UNHAN)

  www.riau.go.id A. SELEKSI BEASISWA UNIVERSITAS PERTAHANAN   Pada artikel sebelumnya saya telah menuliskan dua artikel tentang “ Beasiswa S2Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN) / Indonesia Defense University (IDU) yang berisi tentang kampus, jurusan dan kelebihan bila mendapatkan beasiswa tersebut. Dan pada artikel kedua yang berkaitan dengan artikelpertama beasiswa S2 UNHAN, artikel dengan judul “ Syarat Beasiswa S2 Universitas Pertahanan (UNHAN) ” saya tuliskan untuk menambah informasi terkait persiapan yang harus dilakukan. Maka dari itu, untuk semakin melengkapinya, pada bagian ini, saya akan berbagi pengalaman mengenai proses seleksi calon mahasiswa baru Universitas Pertahanan (UNHAN) / Indonesia Defense University (IDU). Setidaknya ada 5 tahapan tes yang harus dilalui untuk mendapat beasiswa S2 UNHAN. Tahap-tahap tersebut antara lain sebagai berikut: Seleksi Kelengkapan dan Persyaratan Administrasi Proses registrasi online hingga screening peserta y

Beasiswa S2 Universitas Pertahanan (UNHAN) / Indonesia Defense University (IDU)

www.idu.ac.id/ Saat ini minat generasi muda Indonesia untuk menuntut ilmu terus meningkat. Setelah lulus sarjana S1, sebagian besar dari mereka memilih untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi ke jenjang S2 dengan mencari beasiswa.  Bagi kawan – kawan yang sedang mencari beasiswa, pada artikel ini saya ingin berbagi informasi mengenai beasiswa S2 dalam negeri. Salah satu universitas di Indonesia yang menawarkan beasiswa S2 secara penuh adalah beasiswa Universitas Pertahanan (UNHAN) atau dalam bahasa inggris disebut Indonesia Defense University (IDU). UNHAN ? UNHAN itu apa ? UNHAN itu dimana ? Universitas Pertahanan ? Khusus buat militer ya ? Mungkin bagi sebagian besar masyarakat Indonesia nama UNHAN masih terdengar asing dan belum begitu familiar. Atau kalian berpikir bahwa UNHAN adalah universitas untuk kalangan militer saja ? Biar ga salah persepsi yuk cari tau dulu informasinya. Dijamin setelah kalian tau informasinya, kalian pasti akan tertarik dan bera