Skip to main content

SELEKSI BEASISWA UNIVERSITAS PERTAHANAN (UNHAN)


 




www.riau.go.id

A. SELEKSI BEASISWA UNIVERSITAS PERTAHANAN
 
Pada artikel sebelumnya saya telah menuliskan dua artikel tentang “Beasiswa S2Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN) / Indonesia Defense University (IDU) yang berisi tentang kampus, jurusan dan kelebihan bila mendapatkan beasiswa tersebut. Dan pada artikel kedua yang berkaitan dengan artikelpertama beasiswa S2 UNHAN, artikel dengan judul “Syarat Beasiswa S2 Universitas Pertahanan (UNHAN)” saya tuliskan untuk menambah informasi terkait persiapan yang harus dilakukan. Maka dari itu, untuk semakin melengkapinya, pada bagian ini, saya akan berbagi pengalaman mengenai proses seleksi calon mahasiswa baru Universitas Pertahanan (UNHAN) / Indonesia Defense University (IDU). Setidaknya ada 5 tahapan tes yang harus dilalui untuk mendapat beasiswa S2 UNHAN. Tahap-tahap tersebut antara lain sebagai berikut:


  1. Seleksi Kelengkapan dan Persyaratan Administrasi

    Proses registrasi online hingga screening peserta yang lolos persyaratan administrasi kira – kira memakan waktu 2 minggu. Peserta yang diumukan lolos pesyaratan administrasi kemudian akan diminta untuk registrasi ulang. Registrasi dilakukan sehari sebelum peserta melakukan tes tahap selanjutnya yaitu TOEFL dan TPA.

     

  2. Seleksi Tes of English as a Foreign Language (TOEFL)

    Tes TOEFL ini dilaksanakan oleh UNHAN dibantu oleh pusat lembaga bahasa Universitas Indonesia (UI). Dalam tes TOEFL ini, dalam bagian listening percakapan speaker hanya diputarkan satu kali dan cukup cepat. Sehingga disini kuncinya adalah stay focus. Banyaklah latian mendengarkan lagu – lagu Bahasa Inggris atau rajin rajinlah mentranslate bacaan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia, sehingga menambah vocabulary dan mampu menganalisis structure kalimat. Saran saya lainnya adalah cukup sederhana, belajar keras 😃. Belajarlah memakai buku TOEFL yang sudah ada di pasaran. Kalau mau lebih niat lagi, mungkin bisa ambil kursus tes simulasi TOEFL di lembaga bahasa asing terdekat.

  3. Seleksi Tes Potensi Akademik (TPA)

    Tes Potensi akademik ini pada umumnya sama seperti tes TPA pada umumnya yang terdiri dari tiga subtansi yaitu : tes numerik, logika, verbal, dan gambar
    .

    - Tes verbal yang terdiri dari
    : tes sinonim, tes antonim, tes padanan hubungan 1, tes padanan hubungan 2 dan tes pengelompokan kata.

    - Tes Angka yang terdiri dari
    : Tes Aritmetik, Tes Seri Angka, Tes Seri Huruf, Tes Logika Angka, Tes Angka Dalam Cerita.

    - Tes Logika terdiri dari
    : Tes logika umum, Tes logika analisa pernyataan dan kesimpulan, Tes Logika Cerita, Tes Logika Diagram.

    - Tes Gambar terdiri dari
    :  Tes Padanan Hubungan Gambar, Tes Seri Gambar, Tes Pengelompokan Gambar, Tes Bayangan Cermin, Tes Identifkasi potongan gambar.

    Pengumuman hasil tes TOEFL dan TPA ini diumumkan 2 minggu setelah tes dilaksanakan. Peserta yang lolos dapat melanjutkan ke tahap psikotest.

  4. Seleksi Tes Psikotes

    Tahap psikotes ini merupakan tes yang paling lama dan panjang tesnya. Tesnya memakan waktu 8 jam, dimulai dari jam 8 pagi dan berakhir jam 5 sore.
     

    Penguji tesnya dari Psikotest Angkatan Darat (namanya juga sekolah pertahanan kan? jadinya penguji dan pengawas tesnya 90% berasal dari militer 😁).
    Untuk materi psikotestnya, lumayan standar, hampir sama dengan psikotest rekruitment suatu perusahaan pada umumnya. Psikotesnya berupa :
    - Kreplin/Pauli, dimana kita diberikan kertas yang lebar seperti koran, lalu dikertas tersebut terdapat barisan angka – angka untuk dihitung dari bawah keatas.


    - Tahapan wartegg dan menggambar pohon dan orang


    - Kemudian tahapan menjawab opsi pilihan jawaban yang sesuai dengan diri sendiri
    .

    Tidak perlu cemas dengan Psikotest ini. Psikotest pada dasarnya bertujuan untuk melihat kepribadian dan pola pikir seseorang
    .

  5. Seleksi Wawancara / interview

    Tahap seleksi wawancara / interview merupakan tahap terakhir / final dalam seleksi Beasiswa S2 UNHAN. Dalam interview ini setidaknya akan ada 3 orang dari pihak UNHAN yang mewawancarai para calon mahasiswa. Pertanyaan dalam sesi wawancara ini akan lebih menggali kepribadian kalian, tanya jawab seputar paper yang kalian tulis dan apa yang akan kalian lakukan untuk negara ini. Dalam sesi wawancara ini, bahasa yang digunakan adalah Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Tidak perlu takut dan canggung, cukup relax and be yourself. Pastikan bahwa paper yang kamu tulis adalah hasil karya orisinilmu, karena bila hasil karya pribadi pasti akan dapat menjawab pertanyaan pewawancara dengan lancar.


    ARTIKEL TERKAIT :

    BEASISWA S2 UNIVERSITAS PERTAHANAN (UNHAN) / INDONESIA DEFENSE UNIVERSITY (IDU)

    SYARAT BEASISWA S2 UNIVERSITAS PERTAHANAN (UNHAN)

Comments

  1. izin membagikan pengalaman lolos beasiswa UNHAN 2017 ya kak,,
    https://upgrisemelekete.blogspot.co.id/2017/11/pengalaman-seleksi-tes-wawancara.html

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

KERUGIAN MENULIS ARTIKEL DI HIPWEE

www.hipwee.com Kalian pernah membaca artikel di   Hipwee ? Atau kalian mungkin merupakan penulis artikel di Hipwee ? Atau mungkin ada yang belum mengetahui apa itu Hipwee ?? Daripada bingung, yuk kita bahas aja langsung dibawah ini 😃   A. Apa itu Hipwee ? Saya yakin sebagian dari kita khususnya anak muda mengetahui website Hipwee. Hipwee adalah suatu website yang menjadi wadah atau media bagi seseorang untuk berbagi cerita mengenai pengalaman, pendapat, dan argumen yang disampaikan melalui tulisan dan kemudian dipublikasikan. Untuk saat ini, Hipwee memang cukup populer khususnya di kalangan anak muda. Konten artikelnya yang dipublikasikan hampir sebagian besar tentang percintaan dan pengalaman pribadi itu dengan cepat digandrungi dan di- share oleh para pembacanya. Saya pribadi pernah membaca dan meng- share beberapa artikel dari Hipwee. Bahkan pada awal saya membaca artikel di Hipwee, saya sempat “wow” ketika melihat suatu artikel yang di view dan di- share

Beasiswa S2 Universitas Pertahanan (UNHAN) / Indonesia Defense University (IDU)

www.idu.ac.id/ Saat ini minat generasi muda Indonesia untuk menuntut ilmu terus meningkat. Setelah lulus sarjana S1, sebagian besar dari mereka memilih untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi ke jenjang S2 dengan mencari beasiswa.  Bagi kawan – kawan yang sedang mencari beasiswa, pada artikel ini saya ingin berbagi informasi mengenai beasiswa S2 dalam negeri. Salah satu universitas di Indonesia yang menawarkan beasiswa S2 secara penuh adalah beasiswa Universitas Pertahanan (UNHAN) atau dalam bahasa inggris disebut Indonesia Defense University (IDU). UNHAN ? UNHAN itu apa ? UNHAN itu dimana ? Universitas Pertahanan ? Khusus buat militer ya ? Mungkin bagi sebagian besar masyarakat Indonesia nama UNHAN masih terdengar asing dan belum begitu familiar. Atau kalian berpikir bahwa UNHAN adalah universitas untuk kalangan militer saja ? Biar ga salah persepsi yuk cari tau dulu informasinya. Dijamin setelah kalian tau informasinya, kalian pasti akan tertarik dan bera