Skip to main content

KERUGIAN MENULIS ARTIKEL DI HIPWEE



www.hipwee.com



Kalian pernah membaca artikel di  Hipwee ? Atau kalian mungkin merupakan penulis artikel di Hipwee ? Atau mungkin ada yang belum mengetahui apa itu Hipwee ?? Daripada bingung, yuk kita bahas aja langsung dibawah ini 😃
 
A. Apa itu Hipwee ?
Saya yakin sebagian dari kita khususnya anak muda mengetahui website Hipwee. Hipwee adalah suatu website yang menjadi wadah atau media bagi seseorang untuk berbagi cerita mengenai pengalaman, pendapat, dan argumen yang disampaikan melalui tulisan dan kemudian dipublikasikan.
Untuk saat ini, Hipwee memang cukup populer khususnya di kalangan anak muda. Konten artikelnya yang dipublikasikan hampir sebagian besar tentang percintaan dan pengalaman pribadi itu dengan cepat digandrungi dan di-share oleh para pembacanya.
Saya pribadi pernah membaca dan meng-share beberapa artikel dari Hipwee. Bahkan pada awal saya membaca artikel di Hipwee, saya sempat “wow” ketika melihat suatu artikel yang di view dan di-share ribuan bahkan puluhan ribu orang. Saya sempat berpikir, ‘Wah.. hebat ya penulisnya karena berhasil menarik minat pembaca cukup besar.’. Namun semakin lama saya mengamaati, saya menyadari bahwa ternyata saya termasuk korban marketing Hipwee 😛 hehe. 

Saya menyadari itu ketika saya mulai mengamati konten – konten artikel yang dipublikasikan oleh Hipwee. Saya melihat makin lama konten artikel di Hipwee kurang berbobot, cenderung seperti curhatan penulis, baper percintaan berdasarkan pengalaman pribadi dan kurang menginspirasi (kesannya seperti artikel berisi curhatan – ini pendapat pribadi saya ya 😛). Dan dari pengamatan itu, saya mulai ‘ngeh’ ooo.. ternyata memang ini strategi marketing, target pasar dari konten – konten yang dimarketingkan oleh Hipwee. Saya rasa, tim Hipwee cukup cerdas melihat potensi dan celah pasar masyarakat, mereka tahu when (kapan), where (dimana) and for who (kepada siapa) konten artikel itu harus diberikan.
B. Kerugian Menulis di Hipwee
Saya mengamati bahwa beberapa penulis di Hipwee ada yang telah menulis banyak artikel dengan view dan share ribuan. Melihat fenomena itu, lantas muncul pertanyaan dikepala saya, “Apakah menulis artikel mendapat apresiasi berupa fee?”, dan ternyata jawabannya adalah TIDAK 😁! Ini berarti seorang yang menulis artikel di Hipwee menulis artikel dengan sukarela dan menurut pendapat, ini merugikan penulis karena :

  1. No Fee, Tulisan Gratis!
    Ya, inilah salah satu kerugian menjadi penulis di Hipwee. Penulis tidak mendapat apresiasi secara materi untuk artikel yang telah mereka tulis. Meskipun penulis tidak mendapatkan keuntungan secara finansial, namun saya rasa penulis artikel di Hipwee mendapat kesenangan/kebanggan pribadi bila artikelnya banyak di view dan di-share banyak orang.
  2. Tulisan Yang Dipublish Menguntungkan Hipwee
    Setiap harinya Hipwee menerima banyak artikel secara cuma – cuma dan mempublishnya. Apakah penulis menyadari bahwa artikel / konten yang dipublish tersebut lebih menguntungkan Hipwee secara financial?
    Hipwee akan mendapat keuntungan melalui iklan / adsense berdasarkan banyaknya jumlah pengunjung website. Artinya semakin banyak artikel di view dan di-share, maka keuntungan akan semakin besar. Apalagi setiap harinya pengunjung Hipwee sangat banyak, bisa dbayangkan berapa penghasilan yang di dapat dari iklan adsense tersebut ??

Jika kalian memiliki hobi menulis dan rajin menulis, sebenarnya akan lebih baik jika menulis di blog atau website pribadi. Blog atau website yang rajin yang dikelola secara pribadi dan memuat artikel – artikel orisinil kalian, dapat menjadi sumber penghasilan melalui google adsense.
Atau daripada kalian menulis artikel secara cuma – cuma tanpa apresiasi, mungkin kalian bisa menulis dan mengirimkan artikel kalian ke website yang yang menerima tulisan, dan memberikan uang tambahan atas karya - karya tulisan kalian, seperti : Basabasi.co , Mojok.co, dan Webma.com. Karena menurut saya pribadi, seorang penulis sangat dirugikan saat tulisan orisinilnya tidak mendapat apresiasi dan pihak yang menerima tulisan justru mendapat keuntungan secara finansial 😊. 

Comments

  1. sesama blogger, ikut nimbrung yak ^^

    ReplyDelete
  2. Nah ini bener banget. Tapi mungkin setiap orang punya motivasi yang berbeda dalam menulis Mas Gan...ada yang cari duit ada yang sekedar hoby, tapi alangkah bijaknya jika dari hobinya bisa menghasilkan uang. Ane mau bayar sesuai dengan kualitas artikel nya apalagi kalu artikel ada yag share hingga ribuan pasti ane akan kasih penulis lebih besar lagi gak cuma sekali bayar. yang minat kerjasama jadi penulis silahkan kunjungi blog ane yaa bloggues.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane pingin coba gan. Udah ane kunjungi blog agan tapi di bagian mana ya ada 'kirim artikel'?

      Delete
  3. Salam Kenal, Ia sich kalo dilihat emang Hipwee gak memberikan fee untuk penulis, tapi bagi bloger, tentunya hal ini menjadi jalan lain untuk membuat backlink, ya moga aja berfungsi, ane coba buat artikel di Hipwee dan ternyata gak sulit untuk daftar dan artikel gampang di publis. Yach tapi pendapat kan boleh beda ya gak. Contohnya ane backlink blog ane yakni sobatlagu.blogspot.com beberapa hari yang lalu dan ternyata lumayan nich hasilnya.

    ReplyDelete
  4. Wah terimakasih infonya.. 🙏
    Hampir aja mau nulis di hipwee; gak jadi deh

    ReplyDelete
  5. Iyaa memang pendapat orang beda-beda yah gan
    Salam dr coutii.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. Iyaa memang pendapat orang beda-beda yah gan
    Salam dr coutii.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. Jadi ragu buat posting artikel gue ke hipwee wkwkw

    ReplyDelete
  8. Bener juga sih, saya sempet pengen nulis di hipwee cman saa ragu karena ada persyaratan dari hipwee kalo artikel yang sudah diterbitkan di hipwee tidak diperbolehkan diterbitkan kembali dimanapun termasuk blog pribadi. Dannnn akhirnya mundur teratur saya, karena menurut saya kalopun tidak diperbolehkan diterbitkan di blog pribadi harusnya dibayar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue penulis di hipwee, tapi setau gue boleh kok menerbitkan ulang tulisan diblog kita ke hipwee.

      Delete
  9. Baru tahu kalau nulis di hipwee gak ada fee nya... Tapi kalau buat sekedar hobi dan mengasah kemampuan menulis sah-sah aja. Beda lagi kalau menulis untuk dpt finansial. Hehe...

    ReplyDelete
  10. rencana mau nulis di hipwee juga, tapi ternyata artikel kita gak bisa kita post ulang untuk blog kita sendiri, sedangkan nyari topik buat postingan aja rada syusah cin haha

    ReplyDelete
  11. Thanks banget infonya, tadinya saya mau kirim naskah ke hipwee, tapi setelah baca tulisan ini saya jadi mikir-mikir lagi

    ReplyDelete
  12. Opini ini ada benarnya.

    Namun menurut saya kerugian ini HANYA untuk mereka yang memang sudah punya skill menulis yang tinggi, punya banyak audiens dan punya nama.

    Jelas menulis gratis buat hipwee berarti rugi, karena setiap dia nulis di website sendiri dan bisa menghasilkan uang sendiri,

    Sementara untuk penulis yang masih pemula atau awam dan belum punya nama/skill, menulis di hipwee sebenarnya malah punya keuntungan.

    Salah satu keuntungannya, penulis LANGSUNG dapet audiens, karena hipwee sudah punya audiens jutaan di indonesia.

    Apalagi kalau punya skill nulis yang bagus.

    Kalau belum punya nama, belum punya skill, tidak pernah nulis di t4 lain secara profesional dan mengharapkan keuntungan finansial dari platform seperti hipwee,

    Ya namanya terlalu berhaarap =)

    Mungkin nulis di platform seperti BABE dan sejenisnya lebih tepat karena mereka membayar penulisnya.

    Just my opinion though.

    ReplyDelete
  13. Bisa, tapi dari gambar bukan dari kontekstual didalam tulisan artikel.

    Ada studi kasusnya di Ads-id.com, disini

    https://ads.id/forums/index.php?threads/studi-kasus-cara-dapetin-contextual-backlink-di-hipwee-15-situs-lagi.264861/



    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Bagi saya nulis di hipwee mendongkrak blog saya yang rendah menjadi tinggi dengan sedikit demi sedikit biar DA dan PA saya naik. Lagi pula blog saya hanya cocok untuk menulis konten placement www.zeevorte.net

    ReplyDelete
  16. kalau mau di bayar mending nulis artikel di IDN Times

    ReplyDelete
  17. Menurutku menulis bukan hanya soal uang. Tapi ada kebanggaan tersendiri ketika tulisan kita dibaca oleh orang lain.

    Ok, ok ini berbicara keuntungan ya, menurutku keuntungan bukan hanya soal finansial saja. Tapi beberapa tulisan kita juga yang sudah di terbitkan dimedia-media bisa jadi bahan untuk portofolio kita untuk melamar kerjaan dsb.

    Selain itu ketika tulisan kita berdampak luas itu menjadi kebanggaan sesungguhnya bagi seorang penulis.

    ReplyDelete
  18. Ane nulus di hipwee, sharenya sampai ribuan, ok fix, krn g ad fee nya ane skrng igah nulis disana 😁

    ReplyDelete
  19. Salam kenal....

    Ane pernah jadi freelance writer dengan sistem paid tiap artikel. Sayangnya industri kaya gini susah semenjak news corporate masuk ngeblog juga.

    Hipwee adalah tuntutan jaman dan saya kaget ternyata ga dapet fee ya.

    Beruntung baca tulisan ini. Setuju banget deh....

    Kalau ada waktu silahkan berkunjung ke blog saya www.esaiedukasi.com walau baru tetapi rencana saya pingin buka rubrik untuk penulis tamu dan dibayar per artikel tanpa pake syarat share, like, dll...

    ReplyDelete
  20. Selain hipwee, nulis di brilio juga gampang publish tapi saya baru tau kalo ternyata gak semua artikel kita yg publish dapet rewad, hanya artikel terpilih saja yang dapat rewad, jd skrang gk nulis disitu lg, memang seneng si tulisan kita dibaca banyak orang tapi kalo gak dpt rewad rasanya waktu yg diluangkan kita untuk menulis rasanya sayang², saya sendiri sudah coba nulis di brilio sebnyak 7 artikel yg brhasil publish tpi tidak ada yg dapat rewad. Selain di brilio saya pernah coba nulis di beautynesia tpi gak tau banyak apa kita dapat fee atau engga dan susah cari taunya, skrang lg nyoba nulis di Idn times moga aja nyaman & gampang dapat fee biar gak bingung² lg cari sampingan, karena jujur saya menulis memang brtujuan untuk mendapatkan pemasukan sampingan tentunya tulisan saya juga dibuat dengan sungguh², maaf jd curhat heheh 🙏🏻😂

    ReplyDelete
  21. Saya pernah menulis dan di publikasikan artikel saya. Saya baca baca katanya untuk mendatangkan trafik. Tapi apakah benar atau tidak, hanya keberuntunan yang bisa. Salam dari travel blogger.
    www.selametmuliadi.com

    ReplyDelete
  22. Terimakasih infonya gan salam dari www.setengahnalar.id

    ReplyDelete
  23. kalo saya nulis dalam naungan perusahaan. Dapat info lowongan dari OLX. Sistem kerjanya part time kejar deadline.. Hasilnya lumayan, sampai sekarang ini saya masih menggeluti profesi sebagai penulis artikel dan masih berusaha merambah ke blog.. yuk intip-intip blog saya mysanflawer.blogspot.com, Di sini saya banyak share info tentang penulis freelance yang dapat fee bulanan.. Semoga bisa sedikit membantu teman teman yang suka nulis dan ingin menghasilkan..

    ReplyDelete
  24. Mau tanya hehe saya udh lama ga nulis di blog pribadi. Bisa ya emng menghasilkan uang dr blog? Caranya gimana itu?
    Oiya salam kenal btw saya penulis di abisnis.com
    Ini adalah channel youtube saya hehe http://bit.ly/diasenjahujan-Youtube

    ReplyDelete
  25. Memang bener. Tapi kalo kita memang hobi menulis, terus butuh banyak media untuk menuangkan karya, itu fine aja. Apalagi gratis

    ReplyDelete
  26. Saya bayar juga gak rame liat aja
    Web saya trendingnesia.com

    ReplyDelete
  27. saya termasuk.. tpi saya baru nulis 1 artikel.. pengen ngedongkrak blog saya dan pengen liat ada hasilnya gak.. :)

    ReplyDelete
  28. Baru tau kalau menulis di hipwee gak bayar..
    Kunjungi blog saya ya...

    ReplyDelete
  29. Uwuu.. ruginya nulis di hipwee🤪

    ReplyDelete
  30. saya suka nihh tulisannya ... rugi banget , eh jika nih tulisan ketahuan pihak sana gimana ya eheheh

    ReplyDelete
  31. Yuk cek gimana sih Artikel SEO yang mudah diterima adsense, bisa kunjungi blog aku yah www.sanflawer.com

    ReplyDelete
  32. Iya.. Emang Sue tuh platform. gua masang link aja kagak di kasih. Jd untung nya apa coba buat penulis? lha dia enak2 dpt artikel gratis.

    ReplyDelete
  33. Emang kalau tujuannya untuk mendapat bayaran, tidak disarankan di Hipwee. Masih banyak kok media yang siap bayar tulisan dari kontributor. Saya pernah membahasnya cuma ya itu, tidak mudah.

    Salam kenal untuk semua dan untuk penulis terima kasih sudah berbagi.

    ReplyDelete
  34. Manfaat penulis artikel online seringkali memerlukan keterampilan riset yang kuat. Penulis tidak hanya perlu mencari informasi yang tepat, tetapi juga memilah dan menilai keberhasilan sumber-sumber tersebut.

    Selain memberikan informasi, fungsi penulis artikel online juga memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan pesan dengan efektif. Mereka harus memahami audiens target dan menggunakan gaya bahasa yang sesuai.

    Kelebihan penulis artikel online memberikan peluang besar untuk berkolaborasi dengan para profesional dari berbagai bidang. Melalui artikel, penulis dapat membangun jaringan yang luas dan menjalin kerjasama dengan individu atau lembaga.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

SELEKSI BEASISWA UNIVERSITAS PERTAHANAN (UNHAN)

  www.riau.go.id A. SELEKSI BEASISWA UNIVERSITAS PERTAHANAN   Pada artikel sebelumnya saya telah menuliskan dua artikel tentang “ Beasiswa S2Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN) / Indonesia Defense University (IDU) yang berisi tentang kampus, jurusan dan kelebihan bila mendapatkan beasiswa tersebut. Dan pada artikel kedua yang berkaitan dengan artikelpertama beasiswa S2 UNHAN, artikel dengan judul “ Syarat Beasiswa S2 Universitas Pertahanan (UNHAN) ” saya tuliskan untuk menambah informasi terkait persiapan yang harus dilakukan. Maka dari itu, untuk semakin melengkapinya, pada bagian ini, saya akan berbagi pengalaman mengenai proses seleksi calon mahasiswa baru Universitas Pertahanan (UNHAN) / Indonesia Defense University (IDU). Setidaknya ada 5 tahapan tes yang harus dilalui untuk mendapat beasiswa S2 UNHAN. Tahap-tahap tersebut antara lain sebagai berikut: Seleksi Kelengkapan dan Persyaratan Administrasi Proses registrasi online hingga screening peserta y

Beasiswa S2 Universitas Pertahanan (UNHAN) / Indonesia Defense University (IDU)

www.idu.ac.id/ Saat ini minat generasi muda Indonesia untuk menuntut ilmu terus meningkat. Setelah lulus sarjana S1, sebagian besar dari mereka memilih untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi ke jenjang S2 dengan mencari beasiswa.  Bagi kawan – kawan yang sedang mencari beasiswa, pada artikel ini saya ingin berbagi informasi mengenai beasiswa S2 dalam negeri. Salah satu universitas di Indonesia yang menawarkan beasiswa S2 secara penuh adalah beasiswa Universitas Pertahanan (UNHAN) atau dalam bahasa inggris disebut Indonesia Defense University (IDU). UNHAN ? UNHAN itu apa ? UNHAN itu dimana ? Universitas Pertahanan ? Khusus buat militer ya ? Mungkin bagi sebagian besar masyarakat Indonesia nama UNHAN masih terdengar asing dan belum begitu familiar. Atau kalian berpikir bahwa UNHAN adalah universitas untuk kalangan militer saja ? Biar ga salah persepsi yuk cari tau dulu informasinya. Dijamin setelah kalian tau informasinya, kalian pasti akan tertarik dan bera