Skip to main content

Beasiswa S2 Universitas Pertahanan (UNHAN) / Indonesia Defense University (IDU)

www.idu.ac.id/

Saat ini minat generasi muda Indonesia untuk menuntut ilmu terus meningkat. Setelah lulus sarjana S1, sebagian besar dari mereka memilih untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi ke jenjang S2 dengan mencari beasiswa. 

Bagi kawan – kawan yang sedang mencari beasiswa, pada artikel ini saya ingin berbagi informasi mengenai beasiswa S2 dalam negeri. Salah satu universitas di Indonesia yang menawarkan beasiswa S2 secara penuh adalah beasiswa Universitas Pertahanan (UNHAN) atau dalam bahasa inggris disebut Indonesia Defense University (IDU).
UNHAN ? UNHAN itu apa ? UNHAN itu dimana ?
Universitas Pertahanan ? Khusus buat militer ya ?

Mungkin bagi sebagian besar masyarakat Indonesia nama UNHAN masih terdengar asing dan belum begitu familiar. Atau kalian berpikir bahwa UNHAN adalah universitas untuk kalangan militer saja ? Biar ga salah persepsi yuk cari tau dulu informasinya. Dijamin setelah kalian tau informasinya, kalian pasti akan tertarik dan beramai - ramai untuk mengapply beasiswa di UNHAN. Yuk, langsung disimak dibawah ini informasinya :

A. TENTANG UNIVERSITAS PERTAHANAN (UNHAN)

www.idu.ac.id/
Universitas Pertahanan (UNHAN) atau Indonesia Defense University (IDU) adalah LEMBAGA PENDIDIKAN TERBUKA yang mengkhususkan diri HANYA pada program studi pertahanan tingkat S2 (Strata dua). Universitas Pertahanan (UNHAN) didirikan pada tanggal 11 Maret 2009 dan diresmikan oleh mantan Presiden RI ke – 6 yaitu Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Universitas Pertahanan ini terletak di Komplek Indonesia Peace and Security (IPSC), Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Dari awal pembentukan, UNHAN disepakati sebagai lembaga pendidikan yang terbuka untuk masyarakat umum. Yang dimaksud LEMBAGA PENDIDIKAN TERBUKA yaitu UNHAN terbuka bagi semua kalangan masyarakat bagi mereka yang memenuhi persyaratan baik dari kalangan militer, sipil, PNS, pegawai swasta dan masyarakat umum dapat meng-apply dan mendapatkan beasiswa ini.
Sebagai lembaga pendidikan, UNHAN memiliki misi utama mencetak dan mendidik generasi bangsa sipil dan militer untuk menjadi kader – kader bela negara yang mengedepankan 3 hal utama yaitu  Nasionalism (nasionalisme),  Integrity (integritas), dan Diversity (keberagaman) yang juga merupakan motto dari UNHAN.

Ada yang bertanya, apakah sistem pendidikan di UNHAN bersifat militer ? Jawabannya adalah TIDAK. Sistem pendidikan di UNHAN sama seperti di universitas pada umumnya, yang membedakan adalah pada materikulasinya diberikan dan ditanamkan nilai - nilai bela negara. Saat ini UNHAN dibina oleh dua Kementrian yaitu secara akademis oleh Kementrian Riset dan Teknologi ( KEMENRISTEK) dan secara fungsional operasional oleh Kementian Pertahanan (Kemenhan).


B. PROGRAM STUDI DI UNHAN
Saat ini UNHAN menawarkan beasiswa untuk program studi sebagai berikut :
1. Fakultas Strategi Pertahanan, antara lain :
- Program Studi Strategi Perang Semesta (SPS)
- Program Studi Peperangan Asimetris (PA)
- Program Studi Damai dan Resolusi Konflik (DRK)
- Program Studi Diplomasi Pertahanan (DP)

2. Fakultas Manajemen Pertahanan, antara lain :
- Program Studi Manajemen Pertahanan (MP)
- Program Studi Ekonomi Pertahanan (EP)
- Program Studi Manajemen Bencana (MB)
- Program Studi Keamanan Energi (KE)
- Program Studi Keamanan Maritim (KM)
- Program Studi Industri Pertahanan (IP)

C. FASILITAS BAGI PENERIMA BEASISWA :
 1. Ruang Kelas Nyaman Dan Full Wifi


Setiap tahunnya UNHAN menyediakan beasiswa untuk 300 orang mahasiswa. Jumlah yang cukup banyak dan siapa saja berpeluang untuk mendapatkan beasiswa ini. Ruang kelas yang nyaman dan besar membuat mahasiswa nyaman dan fokus untuk belajar.

2.   Guest House / Mess

Guest House UNHAN



Setiap mahasiswa yang menerima beasiswa di UNHAN akan mendapatkan fasilitas tempat tinggal berupa guest house / mess. Tempat tinggal yang disediakan UNHAN setara dengan hotel bintang 3. Di dalam guest house / mess mahasiswa terdapat tempat tidur, TV, ruang tamu, AC, dapur dan full wifi. Guest house atau mess ini disediakan mengingat jadwal kuliah di UNHAN sangat cukup padat dari senin - jumat dimulai sejak pagi hari hingga pukul 17:00 WIB. Fasilitas ini tentu sangat membantu bagi mahasiswa yang berasal dari luar kota ataupun bagi mahasiswa yang rumahnya sekitar Jabodetabek.

3. Fasilitas Fitness


Untuk menjaga agar mahasiswanya tetap segar bugar dan sehat, UNHAN menyediakan fasilitas olah raga indoor berupa fasilitas fitness yang cukup lengkap.

4. Fasilitas Olahraga


Bagi mahasiswa yang tidak suka fitness, UNHAN juga menyediakan fasilitas olah raga outdoor berupa jogging track, lapangan, dan kolam renang.

5. Makan 3x Sehari Dan Snack

http://www.idu.ac.id/fasilitas/

Selain mendapatkan tempat tinggal berupa guest house, UNHAN juga menjamin kebutuhan katering mahasiswanya. UNHAN menyediakan makan 3x sehari (pagi, siang, dan malam). Tidak hanya makan, tetapi disediakan snack juga. Makanan yang disediakan tentu saja empat sehat dan lima sempurna. Fasilitas makan diberikan selama hari perkuliahan yakni senin - jumat, pada hari sabtu - minggu, mahasiswa membeli makan diluar.

6. Ruang Perpustakaan Lengkap

 http://www.idu.ac.id/fasilitas/

Fasilitas perpustakaan di UNHAN cukup lengkap dan perpustakaannya cukup luas. Tersedia buku - buku baik dari dalam negeri dan luar negri. Selain itu fasilitas perpustakaan di dukung teknologi yang cukup baik. 

7. Auditorium

http://www.idu.ac.id/fasilitas/

Auditorium di UNHAN ini cukup luas. Ruangan ini digunakan untuk wisuda, kuliah umum dan seminar.

8. Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) dan Kuliah Kerja Luar Negeri (KKLN)

Dari sekian banyak fasilitas yang ditawarkan UNHAN, inilah salah satu fasilitas yang membedakan UNHAN dengan Universitas lainnya dan merupakan salah satu keistimewaan UNHAN. Di UNHAN setiap program studi akan melakukan kegiatan Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) yang mana semua mahasiswa akan mengunjungi salah satu tempat di wilayah Indonesia selama beberapa waktu untuk mempraktekan / mengaplikasikan ilmu sesuai dengan program studinya masing - masing. Tempat yang dikunjungi akan berbeda - beda, bahkan ada yang mengunjungi daerah perbatasan dan terpencil. Ini tentu saja akan menjadi pengalaman luar biasa bersama teman - teman seangkatan.

Sedangkan untuk Kuliah Kerja Luar Negeri (KKLN) mahasiswa UNHAN untuk beberapa waktu akan berkunjung ke suatu negara untuk studi banding, menganalisis, dan mengaplikasikan ilmunya sesuai dengan program studinya masing - masing. Untuk KKLN, negara yang dikunjungi akan berbeda - beda setiap program studi. 

Selama melakukan KKDN dan KKLN, mahasiswa UNHAN akan disediakan transportasi, akomodasi dan uang saku oleh UNHAN. Dan setelah melakukan KKDN dan KKLN, mahasiswa UNHAN diwajibkan untuk membuat laporan KKDN dan KKLN berupa kuliah umum atau seminar hasil kerja KKDN dan KKLN.

9. Uang Saku Bulanan

Setiap mahasiswa penerima beasiswa akan mendapatkan uang saku bulanan. Uang sakunya berbeda untuk pemilik NPWP dan Non NPWP.

10. Seragam

Dan fasilitas terakhir yang diberikan UNHAN untuk semua penerima beasiswa adalah seragam. UNHAN memberikan jas alamater, seragam olah raga, seragam MENWA (seragam yang berkaitan dengan bela negara) dan baju wisuda serta toga.

Lalu bagaimana untuk pengajar di UNHAN ? Kalian tidak perlu khawatir, jika menuntut ilmu di UNHAN kalian akan bertemu dan mendapat ilmu dari orang - orang hebat dan berpengaruh yang akan membagi ilmu baik sebagai pengajar atau pemberi kuliah umum / seminar. Pengajar ada yang dari dalam dan luar negeri. Kalian kebayang nggak kalau kalian mendapat materi kuliah dari Pak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ? Tentu akan menjadi cerita tersendiri saat kalian mendapatkan materi kuliah dari mantan Presiden RI ke - 6. Bukan hanya Pak SBY, kalian juga akan bertemu orang - orang hebat lainnya, baik itu Jendral, kolonel atau atase pertahanan dan duta besar dalam berbagai kesempatan / kegiatan kuliah.

Nah.. gimana ? keren banget kan kampus UNHAN ini. Segala fasilitas yang diberikan oleh UNHAN sangat menjamin kebutuhan dan kenyamanan mahasiswanya dalam menuntut ilmu. Siapa coba yang nggak mau sekolah dibiayain negara, praktek Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) dan Kuliah Kerja Luar Negeri (KKLN) di fasilitasi oleh negara serta mendapatkan uang saku juga. Pendaftaran beasiswa ini gratis tidak dipungut biaya apapun. Kurang apa lagi ? Gak perlu sekolah jauh jauh keluar negeri, kalau di dalam negeri sendiri terdapat kampus sebaik UNHAN.

Kalau kalian tertarik untuk melanjutkan pendidikan studi S2 di UNHAN, sekedar informasi bahwa setiap tahunnya UNHAN membuka pendaftaran beasiswa S2 sebanyak 2 gelombang, yakni pada akhir tahun dan pada awal tahun. Untuk informasi lebih lengkap kalian bisa membuka website UNHAN di  www.idu.ac.id/ atau twitter UNHAN https://twitter.com/unhanindonesia

Selamat mencoba para scholarship hunter and goodluck! 😊😄


ARTIKEL TERKAIT :

SYARAT ADMINISTRASI BEASISWA S2 UNIVERSITAS PERTAHANAN (UNHAN)

PROSES SELEKSI BEASISWA UNIVERSITAS PERTAHANAN (UNHAN)

Comments

  1. izin membagikan pengalaman lolos seleksi tes wawancara UNHAN 2017 ya kak
    https://upgrisemelekete.blogspot.co.id/2017/11/pengalaman-seleksi-tes-wawancara.html

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

KERUGIAN MENULIS ARTIKEL DI HIPWEE

www.hipwee.com Kalian pernah membaca artikel di   Hipwee ? Atau kalian mungkin merupakan penulis artikel di Hipwee ? Atau mungkin ada yang belum mengetahui apa itu Hipwee ?? Daripada bingung, yuk kita bahas aja langsung dibawah ini 😃   A. Apa itu Hipwee ? Saya yakin sebagian dari kita khususnya anak muda mengetahui website Hipwee. Hipwee adalah suatu website yang menjadi wadah atau media bagi seseorang untuk berbagi cerita mengenai pengalaman, pendapat, dan argumen yang disampaikan melalui tulisan dan kemudian dipublikasikan. Untuk saat ini, Hipwee memang cukup populer khususnya di kalangan anak muda. Konten artikelnya yang dipublikasikan hampir sebagian besar tentang percintaan dan pengalaman pribadi itu dengan cepat digandrungi dan di- share oleh para pembacanya. Saya pribadi pernah membaca dan meng- share beberapa artikel dari Hipwee. Bahkan pada awal saya membaca artikel di Hipwee, saya sempat “wow” ketika melihat suatu artikel yang di view dan di- share

SELEKSI BEASISWA UNIVERSITAS PERTAHANAN (UNHAN)

  www.riau.go.id A. SELEKSI BEASISWA UNIVERSITAS PERTAHANAN   Pada artikel sebelumnya saya telah menuliskan dua artikel tentang “ Beasiswa S2Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN) / Indonesia Defense University (IDU) yang berisi tentang kampus, jurusan dan kelebihan bila mendapatkan beasiswa tersebut. Dan pada artikel kedua yang berkaitan dengan artikelpertama beasiswa S2 UNHAN, artikel dengan judul “ Syarat Beasiswa S2 Universitas Pertahanan (UNHAN) ” saya tuliskan untuk menambah informasi terkait persiapan yang harus dilakukan. Maka dari itu, untuk semakin melengkapinya, pada bagian ini, saya akan berbagi pengalaman mengenai proses seleksi calon mahasiswa baru Universitas Pertahanan (UNHAN) / Indonesia Defense University (IDU). Setidaknya ada 5 tahapan tes yang harus dilalui untuk mendapat beasiswa S2 UNHAN. Tahap-tahap tersebut antara lain sebagai berikut: Seleksi Kelengkapan dan Persyaratan Administrasi Proses registrasi online hingga screening peserta y